Rabu, 23 November 2016

Cenil

Cenil merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari saripati ketela dengan adonan air hangat kemudian dikukus dan dimasak. Cenil bias ditemui berwarna warni hijau merah dan ditaburi parutan kelapa dan gula pasir.
Makanan khas lainnya, yang biasa dijual bersamaan dengan cenil yaitu, tiwul, grontol dan lupis.





  • Tiwul

Untuk tiwul sendiri, berbahan dasar singkong dan ditaburi juga oleh taburan kelapa. Tiwul memiliki rasa berbeda dengan cenil karena bahan dasarnya singkong, dan memiliki tekstur lembut dibandingkan cenil yang kenyal.








  • Grontol
Grontol ini kita biasa mengenalinya dengan jagung manis keju atau Jasuke (Jagung Susu Keju), karena sekarang ini banyak dijual dengan bertaburan keju atau susu kental manis. Dahulu, asal usul makanan jagung manis ini adalah berasal dari Jawa Tengah, bernama Grontol. Grontol ini berasal dari jagung yang direbus dan dihidangkan biasanya di atas daun pisang dan diberi taburan parutan kelapa.




  • Lupis
Lupis, merupakan kue manis yang terbuat dari beras ketan. Lupis biasanya ditambahkan dengan olesan gula aren untuk menambah kemanisannya dan ditabur kelapa parut. Lupis biasa disantap saat sarapan atau teman minum teh pada sore hari. Kue basah ini, asal muasalnya belum diketahui secara pasti, namun dipercaya berasal dari kuliner betawi. Namun di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur kue ini juga sering dijumpai pada acara-acara syukuran oleh masyarakat Jawa. Citra rasa kue lupis ini sampai membuatnya menembus pasar internasional loh!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author

Labels