Rabu, 23 November 2016

Gulali

Dahulu, makanan ini sangat populer sekali di kalangan anak-anak, termasuk saya. Saya sangat menyukai gulali dengan beragam jenisnya, dengan beragam cara pembuatannya. Mari kita simak masing-masing jenis gulali :
  • Gulali Kapas
Gulali Kapas merupakan sejenis gulali yang terbuat dari pintalan gula yang dibakar terlebih dahulu. Dengan diberikan pewarna makanan berwarna merah, gulali ini diputar di dalam mesin gulali yang memiliki bagian tengah mesin berbentuk sebuah wadah kecil. Pemanas di dekat tepian wadah itu kemudian akan mencairkan gulanya dan akan dipadatkan oleh udara. Operator mesin ini akan memutar-mutarkan sepotong kayu di sekeliling tepian wadah besar penangkap gilali untuk mengumpulkannya, sehingga berbentuk besar dan bergelombang seperti benang kusut.

  • Gulali Kenyal
Gulali Kenyal ini biasa dikenal dengan gulai gula pasir karena dibuat dengan gula pasir dan dibentuk menjadi beragam bentuk dengan ditusuk menggunakan potongan batang kayu kecil. Gulali ini diberikan pewarna makanan supaya terlihat lebih menarik. Gulali ini bias dibentuk menjadi aneka macam binatang seperti burung, ayam, bisa juga berbentuk kipas angin, bunga, pesawat atau mobil, sehingga menarik perhatian anak-anak untuk membelinya. Selain itu, rasanya yang manis membuatnya nagih sehingga sangat laku di kalangan anak-anak. Gulali kenyal ini juga dalam beberapa bentuk bisa ditiup sehingga menghasilkan suara seperti meniup pluit, efek mainan ini juga membuat anak-anak menyukainya.



  • Gulali Tepung
Gulali tepung atau biasa dikenal dengan jenggot naga ini hampir sama seperti rambut nenek, namun disajikannya berbeda, lebih sederhana. Gulali yang sudah jadi berbentuk seperti mie ini dicampurkan ke dalam tepung. sehingga dinamakanlah gulali tepung. Penjual gulali tepung ini biasanya menarik-narik adonannya sampai gulali ini berbentuk mie, kemudian dicampurkan ke dalam tepung.





  • Gulali Kacang
Seperti namanya, gulali kacang ini sebenarnya merupakan gulali kenyal yang memiliki rasa kacang, dan terkadang di dalamnya pun dimasukkan butiran kacang tanah. Gulali ini bahan dasarnya berwarna cokelat tua karena terbuat dari gula jawa, namun ketika dipanaskan sampai mengering akan berwarna cokelat muda.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Author

Labels